Seleksi Pemain Jelang AFF 2016

Liga Indonesia

timnas-indonesia-2

Selama masa tunggu sebelum menghadapi turnamen AFF 2016, tim Indonesia terus mencari pemain-pemain yang memang diunggulkan dari segi fisik dan mental untuk bermain dalam turnamen tersebut. Alfred Riedl selaku pelatih, terus melakukan seleksi pemain yang akan tampil nantinya pada 19 November hingga 17 Desember 2016. Penyeleksian dilakukan oleh sang pelatih dengan mencari komposisi yang pas dari basic masing-masing pemain, dilihat dari dua laga pertandingan. Pertandingan melawan Malaysia pada 6 September dan Vietnam pada 9 Oktober lalu. Tentunya hal ini dilakukan agar sang pelatih mendapatkan skuad terbaik untuk berlaga dalam ajang bergengsi di ASEAN ini.

Selain dengan melakukan uji coba pertandingan untuk mengetahui pemain yang siap diturunkan, sang pelatih pun sudah memanggil banyak pemain untuk mengikuti training centre (TC) yang diadakan di Sleman, Yogyakarta, tepatnya di Stadion Maguwoharjo,Sleman. Ada 26 pemain yang terpanggil untuk mengikuti training centre. Diantara ke 26 ini ada lima pemain yang memang pernah mengikuti pemusatan latihan tahap awal di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Agustus lalu. Pemain-pemain ini adalah Kurnia Meiga yang bermain untuk Arema Cronus, Ricky Fajrin bermain di Bali United, Bayu Gatra pemain Madura United, Muhammad Hargianto dari Bhayangkara FC dan Syahroni dari Persija Jakarta.

Pelatihan untuk mencari pemain yang akan bermain di AFF 2016 ini tidak diikuti oleh kapten Selangor FA, Andik Vermansah yang masih bermain di tim Selangor dalam final Piala Malaysia. Andik sendiri diperkirakan dapat bermain untuk Tim Nasional ketika melakukan pertandingan uji coba kembali melawan Myanmar dan Vietnam bulan November nanti. Pemain lain yang akan bergabung saat melakukan pertandingan uji coba adalah mantan pemain Persija Jakarta yaitu Stefano Lilipaly.

Dalam kesempatan pelatihan TC ini, sang pelatih akan lebih memfokuskan ke peningkatan fisik pemain, apalagi waktunya sangat cocok, karena tidak ada laga yang dipertandingkan. Sang pelatih pun menilai fisik pemain perlu ditingkatkan agar bisa menampilkan performa yang maksimal nantinya saat berlaga di piala AFF 2016.

Pemain-pemain yang dicoret

Setelah melakukan Traning Centre (TC) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, sang pelatih memastikan akan mengumpulkan kembali pemain-pemain tersebut pada tanggal 28 Oktober untuk menjalani training centre lanjutan di Lapangan Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, sebelum melakukan pertandingan uji coba dengan Myanmar dan Vietnam nantinya. Namun nantinya, menurut sang pelatih akan mencoret tiga pemain. Sang pelatih menjelaskan, walaupun dicoret, namun nantinya ketiga pemain ini tetap harus bersedia jika sewaktu-waktu terpanggil. Alasan utama sang pelatih untuk mencoret ketiga pemain ini adalah karena Tim Indonesia hanya membutuhkan 23 hingga 24 pemain untuk melakukan TC lanjutan sebelum melakukan pertandingan uji coba. Pemain yang mengikuti TC juga belum termasuk dengan beberapa pemain yang sempat absen dalam mengikuti TC yang dilakukan di Stadion Maguwoharjo, seperti Irfan Bachdim, Andi Vermansyah, dan Stefano Lilipaly. Pemain yang dicoret dalam daftar training centre lanjutan Ricky Fajrin Saputra, M. hargianto, dan Syahroni.

Pemain yang dijagokan Sang Pelatih

Selain ada pemain yang dicoret dan tidakbisa mengikuti training centre lanjutan di Karawaci nantinya, ada juga pemain-pemain yang menurut rumor adalah pemain yang sangat diandalkan oleh sang pelatih untuk bermain Tim Nas Indonesia di Piala AFF 2016. Pemain-pemain ini adalah Fachrudin Aryanto, Irfan Bachdim, Andik Vermansyah, Boaz Solossa, Evan Dimas, dan Zulham Zamrun.

Leave a Reply